Kilas Balik

Kilas STIT Balikpapan

Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Balikpapan (STIT Balikpapan) pada awalnya adalah bagian dari wacana Yayasan Pondok Pesantren Syaichona Cholil Kalimantan Timur yang berpusat di kota Balikpapan dalam rangka pengembangan dunia pendidikan di Lingkungan Pesantren. Untuk mewujudkan wacana tersebut pada tahun 2003 dibentuk tim dalam rangka menyusun dan merumuskan  perguruan tinggi di lingkungan Pondok Pesantren, guna melengkapi jenjang pendidikan yang ada di pondok pesantren Syaichona Cholil Balikpapan yang telah memiliki Pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK), Madrasah Ibtidayah (MI), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Pembangunan STIT Balikpapan di mulai pada tahun 2003 dengan peletakan batu pertama pembangunan dan penandatanganan prasasti STIT Balikpapan di lakukan oleh Gubernur Kalimantan Timur pada waktu itu Bapak H.Suwarna Abdul Fatah, kemudian setelah itu operasional STIT Balikpapan mulai di laksanakan di bawah kepemimpinan Ustadz Drs. H. Syaiful, di bawah pengawasan dan bimbingan dosen-dosen STAIN Samarinda.

Kemudian selang 2 tahun tepatnya pada tahun 2005 STIT Balikpapan mendapat Ijin pendirian  perguruan tinggi dengan program studi  pendidikan agama islam dan satu tahun  kemudian pada tahun 2006 STIT Balikpapan di Visitasi oleh Tim Direktorat Pendidikan Islam Departemen Agama, dan pada tahun 2007 ijin operasional STIT Balikpapan diturunkan tepatnya pada tanggal 20 April 2007 dengan Nomor Dj.I/177/2007.

Dalam perkembangan berikutnya STIT Balikpapan, tepatnya ditahun 2015 STIT Balikpapan mulai membuka program studi baru yaitu Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah ( PGMI ) dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini.